Gelar Bimtek, Sekda Sebut Pentingnya Administrasi Kependudukan Prangkat Desa

Tondano-Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Dr. Lynda D. Watania MM,MSi, didampingi Kadis Capil Meidy Rengkuan SH, Kadis Kominfo Maya Marina Kainde SH,MAP, membuka kegiatan Bimbingan Teknis Pengelolaan Administrasi Kependudukan Bagi Perangkat Desa.

Kegiatan ini diselenggarakan di Aula Wale Imanuel Koya yang diikuti Perangkat Desa Kecamatan Kakas dan Tombariri, Jumat (11/10/24) yang dilaksanakan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Minahasa.

“Data kepundudukan sangat penting, dan para kepala desa dan lurah adalah yang paling tahu kondisi masyarakat dan untuk itu perlu dipahami terkait dokumen kependudukan,” ungkap Watania.

Aparat kelurahan sering dimintakan keterangan oleh masyarakat dan ini harus diketahui oleh aparat atau perangkat kelurahan sebab mereka merupakan perpanjangan tangan dari pemerintah kabupaten Minahasa dalam hal ini Dinas Pendudukan dan Pencatatan Sipil” ujar Sekda.

Diera saat ini dokumen kependudukan berbasis digital, maka perlu pembekalan kepada peserta perangkat desa yang hadir  supaya memiliki kemampuan dalam pengelolaan administrasi penduduk.

“Saya berharap melalui kegiatan ini dapat memberi pemahaman komprehensif agar memperoleh bekal dan SDM berkualitas yang dapat melayani masyarakat serta mendorong integrasi dan digitalisasi data kependudukan serta meningkatkan layanan administrasi kependudukan di Minahasa” tutupnya.(win)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *