Dinkes Minahasa Latih Tim Polres dan TNI Gunakan APD

MONITORSULUT.COM, MINAHASA — Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Minahasa melakukan sosialisasi dan pelatihan penggunaan Alat Pelindung Diri (APD). Personil Polres Minahasa dan Kodim 1302/Minahasa ikut jadi peserta dalam kegiatan yang digelar di Aula Mapolres Minahasa, Kamis (24/04/2020).

Tak hanya TNI-Polri, sejumlah relawan, Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) serta personil Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Minahasa juga terlibat dalam kegiatan.

Kepala Dinas Kesehatan, dr. Maya Rambitan mengatakan, pelatihan ini dilakukan sebagai tindak lanjut atas pembentukan tim pemulasaran jenazah Covid-19.
“Mereka yang mengikuti pelatihan adalah yang tergabung dalam tim pemulasaran jenazah sesuai protap penanganan Covid-19,” ujar Rambitan.
Dijelaskan Rambitan, dalam kegiatan itu seluruh peserta diajarkan bagaimana cara penggunaan APD yang baik dan benar.

“Kita ajarkan bagaimana penggunaan APD khususnya Hazmat Suit. Mulai dari cara pemakaian hingga pelepasan,” jelasnya.
Tak hanya itu, pihaknya juga melatih para peserta hal-hal yang dilakukan usai menggunakan APD.

“Usai melakukan pemulasaran jenazah, para relawan wajib mengikuti protap Covid-19. Jadi sesampai di rumah langsung membersihkan badan. Pakaian yang digunakan juga harus langsung direndam, kemudian untuk APD langsung di letakkan di tempat khusus untuk dibuang atau dibakar,” terangnya.(win)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *